Sabtu, 08 Desember 2012

kemana

Oktober lalu, pertama kalinya saya ke Singapura, norak sih sebenernya, karena baru pertama ke Singapore, ada kesamaan yang berbeda yang saya rasakan waktu jalan menyusuri jalan-jalan disana.

Sebelumnya, mungkin sudah pernah baca cerita saya di SIngapore bersama teman-teman saya, yang dulu sering saya post disini, sedikit berbeda dengan waktu itu, karena saya menjelajah singapore dengan keluarga, bukan dengan teman-teman, yang notabene bisa lebih slebor dan sakarepe dewe.

Momen langka waktu berjalan bersama keluarga adalah bisa jalan sendiri, getlost, dan menikmati duniamu sendiri. Ini bisa saya dapatkan, di angkot kota bandung sendiriran, atau bus feeder transjakarta ketika di Jakarta, di Kereta api Jogja Solo, tapi waktu itu saya di Singapore. Perfect.

Saya punya cita-cita bisa jalan-jalan kebanyak negara, lihat kultur, lihat dunianya, meski belum terlalu banyak, dan kemanapun saya jalan sampai saat ini, waktu kita sendiri bisa jalan, ditempat yang unknown, lihat banyak hal baru, ada semacam ketenangan batin sedniri. Waktu-waktu dimana kita bisa bicara sama pikiran kita, kadang sampai terlalu jauh.

Ibu saya bilang kalau style jalan-jalan saya introvert parah. Kayak orang Idiot. Dimana ada orang yang bengong, meski sebenarnya saya merenung sih ya, ga bengong aja, sambil dengerin headset dan nomor-nomor jazz, terus memandangi situasi sekitar. Idiot abis.

Posisi ilang sebenernya menyenangkan, dimana kita bisa jalan mengamati sekitar, tapi sekitar kita cuek sama kita. Kamu bisa belajar gimana orang India scanning orang, gimana anak kecil suka main iPhone, dan orangtua lebih milih tab samsung daripada apple. Sebenernya abnyak yang bisa diamati, jauh lebih berisi dari hal-hal sepele gitu, dan yang paling penting, mengamati kayak gitu selalu menyenangkan.

Waktu saya bisa ilang ditengah lautan manusia yang sangat dinamis, itu rasanya bener-bener sendirian, tapi yah, mungjkin itulah dunia. Mau dimana aja punya sisi indahnya sendiri-sendiri. Setelah Singapura, akan kemana saya selanjutnya? entah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar